HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Hubungan Diplomatik Antara Arab Saudi dan Iran Putus

5

HARIANACEH.co.id – Arab Saudi memutuskan hubungan diplomatik dengan Iran pada Minggu (3/1/2016). Keputusan ini diambil setelah adanya aksi penyerangan yang dilakukan sejumlah demonstran terhadap Kedutaan Besar Saudi di Teheran.

Seperti yang dilansir AFP, Senin (4/1/2016), Kerajaan Saudi pun meminta seluruh diplomat Iran untuk segera meninggalkan Saudi. Bahkan, Menteri Luar Negeri Saudi Adel al-Jubeir mengatakan diplomat Iran hanya diberi waktu 48 jam untuk segera angkat kaki dari negaranya.

Usai Ulama Syiah Dieksekusi Mati Arab Saudi, Timur Tengah Bergejolak

Pada hari Sabtu, sejumlah demonstran menyerang kedutaan Saudi di Teheran dan konsulat di kota  Masyhad. Tindakan ini sebagai wujud kemarahan warga Iran atas eksekusi mati yang dilakukan Kerjaan Saudi kepada ulama Muslim Syiah Syekh Nimr al-Nimr.

Nimr, 56, merupakan tokoh yang melakukan aksi protes anti pemerintah di kota kaya minyak dari timur ini. Dia dihukum mati bersama dengan 46 orang lainnya. Dari mereka yang dihukum sempat mengakui bahwa terlibat dalam serangan Al-Qaeda yang menewaskan puluhan orang pada tahun 2003 dan 2004.

loading...