HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Korban Tewas Gempa di India Bertambah Jadi Enam Orang

3

HARIANACEH.co.id – Korban tewas gempa bumi 6,7 Skala Richter di wilayah timur laut India bertambah menjadi enam orang, Senin (4/1/2016). Laporan awal menyebutkan adanya dua orang tewas dan puluhan lainnya terluka.

Lima orang dilaporkan tewas di India, sementara satu lainnya di Bangladesh. Pria di Bangladesh meninggal dunia akibat serangan jantung yang dipicu guncangan dari negara tetangga.

Anurag Gupta dari Otoritas Manajemen Bencana Nasional India mengatakan sejumlah bangunan di Imphal, negara bagian Manipur, rusak akibat gempa.

“Korban tewas dikonfirmasi lima orang dan 33 lainnya terluka di Imphal. Gedung enam lantai di ibu kota sebagiannya rusak dan beberapa struktur yang lebih kecil mengalami kerusakan ringan,” kata Gupta kepada AFP.

Seorang petugas di rumah sakit besar di Imphal melaporkan adanya lebih dari 50 korban yang dirawat sejak gempa terjadi. Sebagian besar dari mereka mengalami cedera akibat tertimpa reruntuhan bangunan.

Warga Imphal, Deepak Shijagurumayum, mendeskripsikan kekacauan saat gempa terjadi. “Hampir semua orang sedang tertidur saat gempat terjadi. Mereka terlempar dari tempat tidur,” tutur dia kepada AFP via telepon.

“Orang-orang menangis dan berdoa di jalanan dan area terbuka. Ratusan orang masih berada di luar karena takut adanya gempa susulan,” sambung dia.

Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) melaporkan gempa terjadi pukul 04.35 waktu India, dengan lokasi 29 kilometer dari barat Imphal.

Kantor berita Press Trust of India melaporkan aliran listrik terputus dan banyak gedung di sekitar episenter gempa yang runtuh.

loading...