HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Pemberlakuan Perjanjian Vatikan-Palestina Dimulai

2

HARIANACEH.co.id – Sebuah perjanjian yang ditandatangani tahun lalu, berisi pengakuan de facto Vatikan terhadap status Palestina, mulai diberlakukan pada Sabtu (2/1/2016).

Vatikan menandatangani perjanjian pertamanya dengan “Negara Palestina” pada Juni lalu, saat mendorong adanya upaya mengakhiri konflik Israel-Palestina dan mendukung solusi dua negara di Yerusalem.

“…Tahta Suci (Holy See) dan Negara Palestina telah saling memberitahu bahwa persyaratan prosedural untuk (perjanjian) telah dipenuhi,” ucap pernyataan dari Vatikan, seperti dikutip NBC.

Majenis Umum PBB mengadopsi sebuah resolusi pada 2012 dalam mengakui Palestina sebagai sebuah negara pemantau non-anggota. Pengakuan ini disambut baik Vatikan, yang memiliki status non-anggota di PBB.

Pada Oktober 2014, Swedia mengakui status Palestina. Langkah tersebut memicu kemarahan Israel dan berujung pada ketegangan kedua negara.

Israel telah menyebut perjanjian Vatikan sebagai langkah tergesa-gesa yang dapat merusak prospek adanya perjanjian damai dan hubungan diplomatik di masa mendatang dengan Vatikan.

Namun Tahta Suci di bawah Paus Fransiskus berkeinginan kuat memainkan peranan diplomatik yang lebih besar di Timur Tengah, di mana banyak umat Kristen yang melarikan diri dari konflik di Suriah, Irak dan negara lain.

“Perjanjian ini meyinggung aspek esensial atas kehidupan dan aktivitas Gereja di Palestina, dan di waktu yang sama, menegaskan dukungan atas solusi damai atas konflik di kawasan,” ujar Vatikan.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat