HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Prostetik Hewan Bisa Diciptakan Dengan Menggunakan Teknologi Printer 3D

6

HARIANACEH.co.id – Teknologi 3D printing adalah sebuah teknologi yang belakangan sedang populer. Mengingat teknologi ini dapat digunakan untuk mencetak berbagai macam produk, mulai dari produk fesyen, prostetik, hingga rumah, maka hal ini bukanlah hal yang aneh.

Seperti yang disebutkan oleh TestTube, salah satu kegunaan dari teknologi 3D printing adalah untuk membuat prostetik. Menariknya, prostetik yang dibuat tidak hanya ditujukan untuk manusia, tetapi juga untuk hewan.

Contoh kasus binatang yang mendapatkan prostetik buatan 3D printer adalah Derby. Ia adalah seekor anjing yang terlahir dengan kaki yang cacat. Berkat kaki prostetik yang dibuat dengan 3D printer, kini ia dapat kembali berlari.

Pihak yang membuat kaki prostetik untuk Derby adalah 3D System cabang South Carolina. Kaki prostetik tersebut didesain sedemikian rupa sehingga Derby dapat berlari. Desain prostetik Derby mungkin akan mengingatkan Anda pada prostetik yang digunakan oleh para atlet paralimpiade.

Contoh lain bagaimana prostetik 3D dapat menolong hewan adalah pada kasus Tieta. Ia adalah seekor burung betina yang kehilangan sebagian besar paruhnya, sehingga ia tidak dapat melindungi dirinya sendiri, bahkan tidak bisa makan.

Instituto Vida Livre, sebuah badan hewan liar berbasis Brasil lalu membuat sebuah paruh buatan untuk Tieta. Inilah prostetik berupa paruh burung.

Prostetik

loading...