HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Rayakan HUT ke-100, BMW Siap Pamerkan Mobil Otonom

4

HARIANACEH.co.id – Tahun 2016 akan menjadi penanda 100 tahun kancah BMW di dunia otomotif. Ulang tahun pun kian terasa spesial lantaran pabrikan asal Jerman tersebut bakal memamerkan mobil otonom tepat di perayaan 100 tahun.

Hal ini diutarakan oleh Ian Robertson selaku Head of Sales & Marketing BMW. Mobil ini akan menjadi kado ke-100 yang jatuh pada 7 Maret 2016.

Kami telah mencapai fase otonom ‘feet off’ (teknologi tanpa mengoperasikan kaki pengemudi, cruise control) . Dan sekarang kami sedang mengerjakan fase ‘hands off’ dan ‘eyes off’ (teknologi yang tidak memerlukan mata dan tangan pengemudi), tapi  hanya pada periode singkat. Fase selanjutnya adalah ‘brain off’,” kata Robertson seperti dikutip dari Autocar.

Namun mobil ini belum akan diproduksi secara masal. Dia memprediksi mobil tanpa supir ini akan diproduksi pada 10-15 tahun mendatang. Salah satu alasan mobil ini lama untuk diproduksi adalah masalah moral.

“Salah satu faktor adalah apa yang kalian sebut dilema moral. Dalam sebuah situasi terdapat sebuah truk yang akan menabrak mobil anda. Apa yang akan dilakukan mobil otonom? mobil akan berusaha menyelamatkan anda dengan membanting setir kearah lain. Sudah pasti itu membahayakan orang lain dan kami belum siap,” tutup Robertson.

loading...