HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Alam Semesta Ditampilkan Seniman Satu Ini dalam Satu Gambar

3

HARIANACEH.co.id – Seorang penulis ternama Douglas Adams menulis, “Ruang angkasa sangatlah besar. Benar-benar besar. Anda tidak akan percaya betapa besar, luas, dan tak terbayangkan ukurannya.”

Sebuah peta diklaim telah mencakup keseluruhan alam semesta, dengan Sistem Tata Surya sebagai pusatnya. Tata surya ini dikelilingi Sabuk Kuiper, Awan Oort, galaksi Andromeda yang merupakan tetangga kita, dan dikelilingi plasma tak terlihat yang diproduksi lewat peristiwa Big Bang.

Seperti dikutip Metro.co,uk, Senin (4/1/2016), peta unik ini diciptakan seniman Pablo Carlos Budassi berdasarkan peta logaritmik alam semesta yang diciptakan peneliti Princeton University. Peta logaritmik dibuat berdasarkan data 3 juta objek ruang angkasa dari survei Sloan Digital Sky Survey.

Peta logaritmik adalah peta yang membuat seseorang yang melihatnya memvisualisasikan area yang sangat besar, karena setiap ‘langkah’ dalam sumbu-sumbu di peta ini meningkat dalam faktor 10.

Budassi mengatakan, “Ketika saya menggambar hexaflexagons untuk hadiah ulang tahun anak saya, saya mulai menggambar pemandangan pusat kosmos dan Sistem Tata Surya.”

“Hari itu, ide membuat pandangan logaritmik datang, dan pada hari-hari berikutnya saya bisa melakukannya dengan Photoshop menggunakan gambar dari NASA dan beberapa tekstur yang dibuat sendiri,” sambung dia.

loading...