HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Arab Saudi Putuskan Hubungan Diplomatik, Iran Tak Peduli

1

HARIANACEH.co.id – Pemerintah Iran tak peduli dengan sikap Arab Saudi yang memutuskan hubungan diplomatik. Mereka menyebutkan hal tersebut tidak akan melukai Iran.

Juru Bicara Pemerintah Iran Mohammad Bagher Nobakht menegaskan, keputusan Arab Saudi tidak akan merusak perkembangan yang telah diupayakan oleh negaranya.

“Menurunnya hubungan dengan Arab Saudi tidak akan memberikan dampak besar dengan perkembangan nasional Iran,” ujar Nobakht, seperti dikutip AFP, Selasa (1/2/2015).

“Bahkan, kondisi ini justru akan membuat Arab Saudi menderita,” imbuhnya.

Sekali lagi, Nobakht mengecam eksekusi mati ulama Syiah Syekh Nimr al-Nimr, bersama 47 orang lainnya oleh Arab Saudi. Ulama yang berdomisili di Arab Saudi itu, didakwa terlibat terorisme karena memicu protes anti-pemerintah pada 2011.

“Kami mengecam eksekusi barbar, tidak manusiawi dan seperti Daesh (nama lain ISIS dalam bahasa Arab), yang dilakukan terhadap Syekh Nimr,” tegas Nobakht.

Nobakht menuduh Arab Saudi mencoba melakukan kompensasi atas kegagalan politik dalam mengatasi konflik kawasan. “Ini adalah bentuk kegagalan mereka dalam mengatasi situasi di Irak, Suriah dan Yaman, yang ingin mereka kompensasi,” tutur Nobakht.

Selama ini, Arab Saudi dan Iran dikenal saling berlomba memenangkan pengaruh di Timur Tengah. Jauh sebelum eksekusi Nimr, hubungan antara kedua negara terus mengalami pasang surut.

loading...