HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Benarkah Daya Tahan Tubuh Dapat Dipengaruhi Oleh Kopi?

6

HARIANACEH.co.id – Sebuah studi mengungkapkan bahwa kafein dapat meningkatkan performa dalam olahraga atletik. Seperti kita ketahui, kopi adalah sumber kafein yang baik.

Studi ini juga mempelajari sebanyak hampir 600 catatan ilmiah untuk mengetahui ukuran dosis kafein dan bagaimana kafein dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Berbagai peserta diberikan kopi dan menjalankan kegiatan atletik seperti lari dan bersepeda sesudah meminum kopi. Selama melakukan kegiatan, tingkat daya tahan tubuh mereka pun diukur.

Dari studi tersebut membuktikan bahwa ada pengaruh nyata dari kafein pada tingkat daya tahan peserta yang meningkat 20 persen dari daya tahan yang sebenarnya.

Ini adalah kabar gembira bagi para atlet karena kopi sebagai minuman yang paling mudah didapat dan terjangkau, ternyata dapat meningkatkan kinerja pelari atau pesepeda, tanpa menyebabkan kecanduan.

Sebelumnya, banyak atlet yang menggunakan pil kafein atau minuman berenergi yang mengandung kafein. Namun, para peneliti mengklaim bahwa secangkir kopi lebih aman daripada semua jenis bahan alternatif yang mahal dan juga tidak aman dikonsumsi.

Namun, fakta kopi yang tidak baik karena bisa merusak pola tidur dan bisa menimbulkan rasa gelisah juga tak bisa diabaikan. Oleh karena itu, untuk para atlet yang ingin mendapatkan kondisi tubuh prima, membatasi konsumsi kopi dengan minum secangkir sebelum berolahraga adalah kuncinya.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time