HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Benarkah Kanker Payudara Bisa Disebabkan Karena Sakit Gusi?

18

HARIANACEH.co.id – Sebuah studi baru-baru mengklaim bahwa wanita yang telah mencapai tahap menopause dan menderita segala jenis penyakit gusi memiliki kesempatan lebih tinggi menderita kanker payudara. Hingga kini, para peneliti masih mempelajari hubungan antara penyakit gusi dan kanker payudara.

Para peneliti berpendapat bahwa, bakteri yang berada dalam mulut mulai mempengaruhi jaringan payudara jika bakteri tersebut masuk ke dalam sistem peredaran darah. Bahkan, penyakit gusi yang biasa disebut penyakit periodontal juga terkait dengan diabetes, stroke, kanker pankreas dan masalah jantung.

Lebih dari 70.000 perempuan menjadi partisipan dan kebanyakan dari mereka telah melintasi fase menopause.

Studi ini membuktikan bahwa risiko menderita kanker payudara dapat meningkatk setidaknya 15 persen pada mereka yang menderita penyakit gusi. Penelitian ini menyarankan perempuan untuk lebih fokus pada kesehatan gigi dan masalah kesehatan lainnya terutama setelah mereka memasuki menopause.

Kebersihan mulut umumnya dianggap remeh oleh sebagian besar dari kita dan penelitian ini adalah peringatan yang mengkhawatirkan. Tidak hanya kanker payudara, tetapi ada begitu banyak masalah kesehatan lain yang muncul ketika kesehatan mulut diabaikan. Oleh karena itu, para ilmuwan merekomendasikan sering berkunjung ke dokter gigi selain menjaga rutinitas kebersihan sehari-hari mulut.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat