HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Karya Gabriel Garcia Marquez Didigitalisasikan Universitas Texas

4

HARIANACEH.co.id – Universitas Texas di Austin akan mendigitalisasi sekitar 24 ribu halaman lebih arsip yang dimiliki novelis Kolombia Gabriel Garcia Marquez.

Seperti dilansir Associated Press (AP) pihak universitas mengatakan, bantuan sebesar USD126.730 dari sebuah dewan nirlaba di Perpustakaan dan Sumber Informasi akan memungkinkan sekolah Harry Ransom Center untuk melakukan digitalisasi.

Proyek diperkirakan selesai dalam 18 bulan ini, dan dimulai Juni 2016. Proses ini melingkupi pemindaian naskah, buku catatan, foto dan benda tak kekal lain, agar bisa diakses secara daring.

Bahan karya Marquez yang akan didigitalisasi berasal dari tahun 1950 hingga 2013. Pada 2014, pihak sekolah mengumumkan akuisisi terhadap arsip yang dimiliki peraih Nobel Sastra 1982 ini. Pengumuman akuisisi dilakukan setelah Marquez berpulang di tahun yang sama.

Universitas mengatakan, arsip terbuka untuk umum pada 21 Oktober. Sebagian kecil karya Marquez yang telah didigitalisasi sudah bisa diakses umum.

Marquez meninggal April 2014. Penulis buku Love in The Time of Cholera ini meninggal karena pneumonia di usia 87 tahun di Meksiko City. Marquez disebut sebagai tokoh utama dari gaya sastra realisme magis.

loading...