HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Ketegangan Antara Saudi dan Iran Sangat Diprihatinkan Indonesia

4

HARIANACEH.co.id – Pemerintah Indonesia mengaku ikut prihatin dengan perkembangan hubungan antara Pemerintah Kerajaan Arab Saudi dan Republik Islam Iran.

Pemerintah Indonesia menyerukan kepada semua pihak untuk menahan diri dan menghindari tindakan yang dapat memperburuk keadaan serta membahayakan stabilitas dan keamanan kawasan, demikian menurut Siaran Pers Kementerian Luar Negeri RI, Selasa (5/1/2016).

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi akan segera menghubungi Sekjen Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) maupun Menlu Saudi dan Menlu Iran guna membantu mencari solusi terbaik secara damai.

Hubungan diplomatik Saudi dan Iran makin memburuk setelah Saudi mengeksekusi 47 orang, yang sebagian besar didakwa terorisme dalam sehari, termasuk ulama Nimr al-Nimr.

Nimr dianggap Pemerintah Saudi melakukan aksi terorisme dengan memicu protes anti-pemerintah pada 2011 dan 2012. Eksekusi terhadap Nimr mengundang kecaman dari warga minoritas Syiah.

Demonstran Iran pun membakar Kedutaan Besar Saudi di Teheran dengan melemparkan bom molotov.

Kejadian ini berujung pada pemutusan hubungan diplomatik antara Saudi dan Iran. Saudi juga bermaksud memutus jalur lalu lintas udara dari dan menuju Iran.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time