HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Konsumsi Gula Berlebihan Mengakibatkan Obesitas Pada Anak

10

HARIANACEH.co.id – Public Health England (PHE) menyebutkan, anak-anak yang berusia empat sampai 10 tahun mengonsumsi sekitar 48 lbs gula. Hal ini dapat menyebabkan risiko lebih tinggi mengalami obesitas dan diabetes.

Menurut ahli kesehatan, asupan gula pada anak-anak pada usia tersebut tiga kali lipat dari batas maksimum. PHE memperingatkan hal ini dapat menyebabkan obesitas yang lebih tinggi dan juga penyakit diabetes.

Sepertiga dari anak-anak berusia lima tahun dan hampir setengah dari anak-anak berusia delapan tahun mengalami kerusakan gigi pada 2013 akibat terlalu banyak mengonsumsi gula.

“Hal ini dapat menyebabkan kerusakan gigi yang menyakitkan, berat badan dan obesitas, yang juga dapat mempengaruhi kesejahteraan anak-anak karena mereka lebih mungkin diganggu (bully), memiliki harga diri yang rendah dan bolos sekolah.” ujar Kepala Ahli Gizi Alison Tedstone seperti dilansir Mirror.

Dalam upaya mengampanyekan anti obesitas pada anak-anak, PHE merilis di TV, iklan digital, dan outdoor untuk kampanye Change4life yang dirancang untuk mendapatkan anak lebih aktif berkegiatan dan juga makan yang lebih sehat.

Selain itu, terdapat juga aplikasi yang dapat diunduh secara gratis di telepon genggam yang memungkinkan pengguna untuk memindai barcode produk dan belajar berapa banyak gula yang dikandungnya dalam gram atau kubus.

“Anak-anak berusia lima tahun tidak harus memiliki lebih dari 19 gram gula per hari, tapi itu bisa menjadi sangat mudah untuk mendapatkan gula lebih dari itu,” papar Tedstone.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time