HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Meski Arab Saudi-Iran Bergejolak, Perdamaian di Suriah Harus Tetap Berjalan

2

HARIANACEH.co.id – Keputusan Arab Saudi untuk memutuskan hubungan diplomatik dengan Iran tidak akan mempengaruhi upaya Saudi untuk membantu perdamaian di Suriah dan Yaman.

“Dari pihak kami seharusnya tidak terpengaruh karena kami akan terus bekerja keras untuk mendukung upaya perdamaian di Suriah dan Yaman,” kata duta kerajaan Arab Saudi untuk PBB, Abdullah Al-Mouallimi, seperti dikutip NBC News, Selasa (5/1/2016).

“Kami akan menghadiri pembicaraan Suriah berikutnya dan kami tidak akan memboikot mereka karena Iran atau pihak lain dalam hal ini,” lanjutnya.

Dia menegaskan, warga Iran sebelum adanya pemutusan hubungan diplomatik dengan Arab Saudi, dinilai tidak suportif dan belum memandang positif upaya perdamaian ini. “Saya tidak berpikir pemutusan hubungan diplomatik ini akan menghalangi upaya perdamaian,” tegasnya.

Komentar itu muncul di tengah meningkatnya ketegangan setelah Arab Saudi mengeksekusi 47 tahanan yang diduga terlibat terorisme termasuk ulama Syiah terkemuka Nimr al-Nimr.

Pemimpin tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei menyatakan bahwa Arab Saudi akan menerima ‘balas dendam Ilahi’.

“Arab Saudi menarik diplomatnya dari Iran serta Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon meminta Menlu Arab Saudi dan Menlu Iran untuk menghindari tindakan yang bisa memperburuk keadaan,” ujar juru bicara PBB.

Presiden Amerika Serikat Barack Obama belum membahas masalah ini secara langsung, tapi Sekretaris Pers Gedung Putih Josh Ernest mengatakan bahwa AS juga mendesak semua pihak untuk menahan diri dan tidak mengobarkan ketegangan berlebih di wilayah tersebut.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri AS John Kirby menambahkan bahwa tidak ada alasan mengapa proses perdamaian Suriah tidak berjalan seperti yang sudah direncanakan.

Iran berpartisipasi dalam proses tersebut untuk pertama kalinya pada musim gugur lalu. Kirby mengatakan bahwa pembicaraan gencatan senjata antara rezim Suriah dan oposisi Yaman diperkirakan akan berlangsung bulan ini.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat