HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Penurunan Belanja Investasi Hulu Migas Terseret Akibat Anjloknya Minyak Dunia

6

HARIANACEH.co.id – Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Migas (SKK Migas) menyatakan turunnya harga minyak dunia secara global belakangan ini berakibat kepada penurunan belanja investasi di sektor hulu migas.

Ketua SKK Migas Amien Sunaryadi mengatakan data minyak mentah dunia belakangan ini yang menurun yakni sekitar USD37,3 per barel merupakan kabar yang tak menggembirkan bagi SKK Migas dan pelaku bisnis. Kabar tidak menggembirakan tersebut, ada pada penurunan belanja investasi di hulu migas.

“Posisi awal tahun untuk WTI USD37,3 per barel. Ini kurang menggembirakan bagi SKK migas namun ini harus dihadapi pelaku bisnis. Dampak dari penurunan harga minyak dunia bisa dilihat adanya penurunan belanja invetsasi di hulu migas,” kata Amien dalam konferensi pers di Kantor SKK Migas, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Selasa (5/1/2016).

Amien menjelaskan, penurunan belanja investasi ini terjadi hampir diseluruh dunia, baik perusahaan internasional maupun perusahaan domestik. Penurunan secara global pun, tercatat sebesar 20,3 persen. Hal itu menurutnya sangat signfikan.

“Hampir seluruh perusahaan internasional maupun perusahaan nasional mengalami penurunan investasi dan diikuti pengurangan biaya. Penurunan 20,3 persen secara global. Signifikan,” jelas dia.

SKK Migas memprediksi berdasarkan data Bloomberg, pada 2018 harga minyak dunia masih rendah. Namun, dia masih tetap optimistis akan kenaikan harga minyak dunia.

Terkait hulu migas, data menyebutkan posisi jumlah WK migas baik konvensional dan non-konvensional pada akhir 2015 terdapat 314 wilayah kerja, di antaranya produksi dan 84 wilayah produksi eksploitasi dan 230 wilayah kerja eksplorasi.

“Tapi dari data harga minyak, menurunnya harga minyak yang signifikan menyebabkan kegiatan eksplorasi menurun,” pungkas dia.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time