HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Prancis Larang Gratiskan Soda Untuk Atasi Obesitas Anak

3

HARIANACEH.co.id – Selain melarang perempuan Prancis menurunkan berat badan secara berlebih hanya untuk menjadi model, pemerintah Prancis juga sedang berupaya mengatasi obesitas pada anak-anak. Hal tersebut dilakukan dengan cara melarang restoran di Prancis untuk menawarkan minuman bersoda tanpa batas secara gratis kepada anak-anak. Hal ini untuk menghindari obesitas pada anak-anak.

Pemerintah menyebutkan hukum akan berlaku untuk semua minuman ringan bergula di tempat-tempat yang terbuka untuk umum, termasuk tempat makan cepat saji, kafe, dan restoran.

Kebijakan ini dilakukan untuk menunjukkan bahwa air putih adalah satu-satunya minuman yang penting dan harus tersedia secara bebas di semua bar dan restoran.

UU ini bertujuan untuk mengurangi konsumsi minuman bersoda setelah hasil studi oleh Institut Nasional Perancis untuk Kesehatan dan Penelitian Medis menemukan sebanyak 20 juta orang Prancis kelebihan berat badan dan tujuh orang dinyatakan obesitas secara klinis.

Sebenarnya, Prancis telah memberlakukan ‘pajak lemak’ pada minuman ringan bergula empat tahun lalu sebagai upaya memerangi obesitas pada anak. Pajak tersebut ditambahkan lebih dari satu persen untuk sekaleng minuman soda.

Kemudian, pemerintah setempat juga menerapkan penjatahan saus tomat dan garam di kantin sekolah. Nantinya, sekolah akan menyediakan saus tomat dan garam hanya untuk satu hari dalam seminggu.

Seorang juru bicara Kementerian Kesehatan Prancis mengatakan, terlalu gemuk atau terlalu kurus jelas tidak sehat. Menurutnya, dibutuhkan UU untuk mengatur keduanya di negara Menara Eiffel tersebut.

“Obesitas pada khususnya meningkat pesat di Prancis juga di negara-negara Uni Eropa lainnya dan tindakan harus diambil sebelum itu akan berdampak lebih serius lagi,” tuturnya.

loading...