HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Presiden Jokowi Mengubungi Saudi dan Iran, Tengahi Konflik

2

HARIANACEH.co.id – Pemerintah RI proaktif menengahi konflik Arab Saudi dan Iran. Menurut Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Presiden Joko Widodo mengupayakan komunikasi dengan petinggi kedua negara di Timur Tengah tersebut.

“Indonesia memang harus berupaya dan Presiden melakukan komunikasi dengan petinggi Arab saudi dan Iran,” ujar Lukman di Kantor Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta, Selasa (5/1/2016).

Lukman menegaskan, Indonesia bersikap netral di konflik tersebut. RI, kata dia, hanya menjalankan politik luar negeri bebas aktif yang sudah menjadi prinsip sejak dulu.

“Indonesia punya sejarah sebagai salah satu negara yang aktif di gerakan nonblok. Perdamaian ini harus segera diwujudkan untuk kepentingan dunia, bukan Indonesia saja,” ungkap dia.

Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ma’ruf Amin mengapresiasi peran pemerintah dalam mengupayakan perdamaian antara Iran dan Arab Saudi.

Namun demikian, kata Ma’ruf, Indonesia mesti berhati-hati lantaran konflik di kedua negara begitu pelik. Pertentangan tak cuma soal aqidah tapi juga masalah ekonomi dan politik.

“Beliau (Presiden) memahami konflik Iran dan Arab Saudi cukup pelik. Aqidah wahabi-syiah, ada masalah ekonomi, minyak dan ada negara di belakangnya Rusia dan Amerika. Semoga Indonesia berhasil memainkan perannya,” ujar. Ma’ruf seusai bertemu Presiden di Istana Merdeka.

Hubungan diplomatik Saudi dan Iran memburuk setelah Saudi mengeksekusi 47 orang, yang sebagian besar didakwa terorisme dalam sehari, termasuk ulama Nimr al-Nimr.

Nimr dianggap Pemerintah Saudi melakukan aksi terorisme dengan memicu protes anti-pemerintah pada 2011 dan 2012. Eksekusi terhadap Nimr mengundang kecaman dari warga Iran.

Aksi digelar di negara tersebut. Kedutaan Besar Arab Saudi di Teheran pun tak luput dari unjuk rasa. Bahkan, dilempar bom molotov.

Kejadian ini berujung pada pemutusan hubungan diplomatik kedua negara. Saudi juga bermaksud memutus jalur lalu lintas udara dari dan menuju Iran.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time