HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Susul Sudan, Kuwait Tarik Duta Besarnya dari Iran

9

HARIANACEH.co.id – Menunjukkan dukungannya terhadap Arab Saudi, Kuwait menarik duta besarnya dari Iran. Keputusan Kuwait ini dilakukan setelah Arab Saudi memutuskan hubungan diplomatik dengan Iran. Pemutusan itu dilakukan setelah warga Iran menyerang kantor perwakilan Arab Saudi di Negeri Paramullah, setelah Arab Saudi mengeksekusi mati seorang ulama Syiah Nimr al-Nimr.

Meskipun menarik duta besarnya dari Iran, Kuwait tidak mengusir Duta Besar Iran untuk Kuwait. Mereka juga tidak menurunkan level hubungan diplomatik dengan Iran.

Pengumuman Kuwait mengikuti pemutusan hubungan yang dilakukan Arab Saudi dan Bahran terhadap Iran. Selain itu Uni Emirat Arab menarik duta besarnya dari Iran dan menurunkan level hubungan diplomatik.

Bahrain, Kuwait, Arab Saudi dan Uni Emirat Arab adalah anggota Dewan Kerja Sama Teluk. Negara lain yang termasuk dalam kelompok itu antara Oman dan Qatar.

“Serangan terhadap kedutaan (Arab Saudi) itu merupakan pelanggaran atas kesepakatan dan norma internasional. Iran melakukan pelanggaran atas komitmen untuk memberikan keamanan bagi misi diplomatik dan diplomat asing yang bertugas,” pernyataan Kementerian Luar Negeri Kuwait, seperti dikutip KUNA, Selasa (5/1/2015).

Kuwait selama ini tetap menjaga hubungan baik dengan Iran, meskipun pada Agustus lalu terungkap adanya kelompok yang melakukan tindakan mata-mata untuk Iran.

Hubungan diplomatik Arab Saudi dan Iran memburuk setelah Saudi mengeksekusi 47 orang, yang sebagian besar didakwa terorisme dalam sehari, termasuk ulama syiah Arab Saudi Nimr al-Nimr.

Nimr dianggap Pemerintah Arab Saudi melakukan aksi terorisme dengan memicu protes anti-pemerintah pada 2011 dan 2012. Eksekusi terhadap Nimr mengundang kecaman dari warga Iran.

Aksi digelar di negara tersebut. Kedutaan Besar Arab Saudi di Teheran pun tak luput dari unjuk rasa. Bahkan, dilempar bom molotov.

Kejadian ini berujung pada pemutusan hubungan diplomatik kedua negara. Saudi juga bermaksud memutus jalur lalu lintas udara dari dan menuju Iran.

loading...