HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Bencana Banjir dan Longsor Bakal Muncul Akibat Badai El Nino di California

3

HARIANACEH.co.id – Badai El Nino melanda wilayah selatan California pada Selasa (6/1/2016), dengan membawa hujan deras ke kawasan yang sempat dilanda kekeringan.

Badai besar El Nino pertama di awal 2016 ini juga memicu banjir dan tanah longsor di beberapa wilayah California.

Pusat Cuaca Nasional Amerika Serikat (NWS) mengatakan hujan dengan kerapatan 3,6 sentimeter turun di bandara Los Angeles, memecahkan rekor tahun 1979 dengan kerapatan 3,4 cm.

Hujan deras juga dilaporkan terjadi di beberapa wilayah lain, yang memicu penutupan sejumlah ruas jalan, pemutusan aliran listrik dan munculnya peringatan banjir bandang.

Meski hujan sempat reda pada malam hari, NWS mengatakan badai petir diperkirakan terjadi pada Rabu hingga Jumat.

Seperti dikutip AFP, NWS melaporkan peringatan banjir bandang tetap berlaku untuk San Diego dan wilayah pesisir lainnya. Warga yang tinggal di daerah rendah diminta mengungsi ke dataran tinggi.

El Nino adalah nama pola cuaca di wilayah pusat dan timur Pasifik yang dapat memicu kondisi iklim ekstrem dan mematikan.

Bulan lalu, agensi cuaca PBB mengingatkan fenomena El Nino, yang dipicu menghangatnya temperatur permukaan air laut di Samudera Pasifik, sebagai yang terburuk dalam 15 tahun terakhir.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time