HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Ini Cara Menurunkan Berat Badan di Tengah Aktivitas Padat

24

HARIANACEH.co.id – Padatnya rutinitas sehari-hari terkadang membuat Anda lupa untuk berolahraga. Salah satu kasus yang banyak dihadapi oleh orang yang jarang olahraga adalah masalah pada bentuk tubuh yaitu kelebihan berat badan.

Selain itu, tentunya masalah kesehatan lain juga bisa bermunculan jika Anda kurang olahraga. Lalu, apa yang harus dilakukan untuk menurunkan berat badan ataupun menjaga kebugaran tubuh tanpa mengganggu aktivitas harian Anda?

Berikut adalah 12 cara yang mungkin dapat dicoba tanpa harus meninggalkan aktivitas harian Anda seperti dilansir Times Of India.

1. Meluangkan waktu selama 20-30 menit untuk keluar di akhir pekan dan menyusun jadwal makanan yang akan dikonsumsi selama seminggu. Buat jadwal tersebut disecarik kertas dan tempel di kulkas, sehingga semua orang mengetahui komitmen Anda untuk menjalani hidup sehat melalui makanan yang telah anda rencanakan.

2. Jika Anda ingin menguruskan badan tetapi sangat sulit menghilangkan kebiasaan makan dengan porsi yang berlebih, mungkin Anda bisa mengonsumsi salad atau sup setengah jam sebelum makan. Hal itu akan membuat porsi makan Anda lebih sedikit, khususnya saat makan malam.

3. Hilangkan jenis makanan cepat saji atau junk food di rumah anda. Hal itu salah satu cara untuk menghindari Anda dari berbagai jenis makanan yang tidak sehat.

4. Carilah resep makanan sehat. Sebenarnya Anda bisa membuat sajian makanan yang lezat dari bahan yang terkadang tampak membosankan seperti sayuran, bahkan bisa juga dijadikan sebagai inovasi sebagai sebuah cemilan.

5. Mendorong anak-anak Anda untuk berpartisipasi dalam dapur. Hal itu akan membuat anda akan termotivasi untuk mengonsumsi makanan yang lebih sehat.

6. Setelah Anda mulai mengontrol makanan sehat dari dapur, Anda mungkin bisa melanjutkan ke tahapan selanjutnya yaitu mulai berolahraga. Anda bisa memulainya secara perlahan tanpa harus memaksakan tubuh. Mulailah dengan membangun stamina dan dilakukan setiap hari.

7. Alangkah lebih baik Anda memilih tangga daripada lift. Mungkin akan sangat berat saat pertama kali dilakukan, tetapi yakinlah anda akan terbiasa dengan kondisi tersebut jika dlakukan secara rutin.

8. Jika Anda mempunyai agenda kegiatan di dekat rumah, sebaiknya dilakukan dengan berjalan kaki atau menggunakan sepeda.

9. Biasakan untuk berjalan kaki selama 10-15 menit setelah istirahat makan siang.

10. Usahakan bangun 10 menit dari awal. Anda akan memiliki waktu yang cukup untuk meregangkan otot tubuh dan tentunya akan memberikan perbedaan yang besar kepada tubuh sepanjang hari.

11. Bersantai setelah menjalani hari yang panjang, seperti menonton televisi bersama keluarga.

12. Biasakan berjalan kaki selama 10 menit setelah makan malam di sekitar lingkungan Anda.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat