HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Jepang Juga Ikut Kecam Tes Bom Hidrogen Korea Utara

7

HARIANACEH.co.id – Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengecam keras Korea Utara (Korut) yang melakukan uji coba bom nuklir.

Laporan mengenai uji coba ini diawali dengan kabar gempa 5,1 Skala Richter (SR) yang melanda Korut. Kecurigaan muncul bahwa Korut melakukan uji coba nuklir dan memicu terjadinya gempa itu.

Tidak lama kemudian, Korut mengumumkan bahwa pihaknya melakukan uji coba bom hidrogen pertama. Uji coba pun dilaksanakan dua hari perayaan ulang tahun pemimpin Korut Kim Jong-Un.

“Saya mengecam keras tindakan (uji coba) ini,” tegas Abe, seperti dikutip AFP,Rabu (6/1/2016).

“Uji coba nuklir yang dilakukan Korut merupakan bentuk ancaman serius terhadap keamanan negara kami. Sudah tentu kami tidak bisa mentolerirnya,” pungkas Abe.

Abe menambahkan, ini adalah bentuk tantangan besar dari dunia internasional dalam upaya melucuti senjata nuklir yang ada dunia.

Korut, sebelumnya sudah melakukan tiga uji coba pada 2006, 2009 dan 2013, di mana keseluruhannya dilaksanakan di Punggye-ri.

Adanya uji coba terbaru memungkinkan sanksi internasional yang lebih ketat lagi terhadap Korut. Sebelumnya sanksi keras sudah diterapkan saat Negara Komunis itu melakukan tes nuklir dan rudal balistik.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat