HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Keluarkan Keputusan Eksekutif atas Senjata Api, Obama Terlihat Menangis

3

HARIANACEH.co.id – Sambil menyeka air mata yang mengalir di pipinya, Presiden Barack Obama melakukan upaya terakhir untuk memperketat pengawasan senjata api di Amerika Serikat (AS).

Dengan berat hati, Obama menggunakan keputusan eksekutif presiden karena Kongres AS selalu menolak aturan yang lebih ketat atas peredaran dan penggunaan senjata di kalangan warga.

Sang Presiden mengutarakan 10 poin dalam rencananya, termasuk memperluas pemeriksaan latar belakang (calon pengguna senjata). Hal ini tentu tidak disukai sejumlah grup pencinta senjata api di Negeri Paman Sam. Menurut Obama, grup-grup itu telah membuat Kongres AS sebagai sandera mereka.

Obama juga mengungkapkan rasa frustrasinya karena hanya membuat sedikit kemajuan terkait senjata api, terutama sejak tewasnya 20 siswa sekolah dasar di Connecticut dalam kasus penembakan massal tiga tahun lalu.

“Anak-anak SD,” ujar Obama, yang meletakkan tangannya di dagu, kemudian menyeka air mata yang mengalir, karena teringat peristiwa pembantaian di SD Sandy Hook pada 2012.

“Setiap kali saya memikirkan anak-anak itu, saya selalu merasa marah,” sambung dia di Gedung Putih, Washington, seperti dilansir Associated Press, Selasa (5/1/2016).

Meski Obama dapat mengeluarkan keputusan eksekutif, hanya Kongres AS yang sebenarnya dapat berbuat lebih banyak untuk mereformasi aturan senjata api. Sejumlah kalangan menilai hanya Kongres AS yang dapat benar-benar memangkas tingginya frekuensi penembakan massal di AS.

“Hal itu tidak akan terjadi dalam semalam. Tidak akan terjadi dalam Kongres ini. Tidak akan terjadi dalam masa kepresidenan saya. Namun, banyak hal yang tidak terjadi dalam semalam,” tutur Obama.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time