HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Korea Utara Langgar Traktat Nuklir Komprehensif

15

HARIANACEH.co.id – Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia menyoroti uji coba bom hidrogen yang dilakukan oleh Korea Utara (Korut). Uji coba itu dinilai bertentangan dengan traktat nuklir komprehensif.

“Pemerintah Indonesia menyampaikan keprihatinan mendalam atas uji coba bom hidrogen yang dilakukan oleh Republik Demokratik Rakyat Korea pada 6 Januari 2016,” pernyataan Kementerian Luar Negeri RI, Rabu (6/1/2015).

“Uji coba tersebut bertentangan dengan Comprehensive Nuclear Test-Ban Treaty (CTBT) dan semangat yang terkandung di dalam perjanjian tersebut. Uji coba juga merupakan pelanggaran atas kewajiban Korea Utara berdasarkan Resolusi DK PBB 1718 (2006), 1874 (2009), dan 2087 (2013),” lanjut pernyataan tersebut.

Pemerintah Indonesia juga menyerukan kepada semua pihak untuk menghormati dan mematuhi Resolusi DK PBB yang terkait, menahan diri serta mengedepankan diplomasi dan dialog dalam menciptakan situasi kondusif bagi perdamaian, stabilitas dan pembangunan di kawasan.

Uji coba bom hidrogen pertama sukses dilakukan pada 6 Januari pukul 10.00 pagi (waktu setempat). Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) pun melaporkan terjadi gempa berkekuatan 5,1 SR yang berada di timur laut Korut.

Pusat gempa lebih tepatnya berada sekitar 50 kilometer barat laut Kota Kilju. Kota Kilju berada tepat di dekat lokasi uji coba nuklir Korut di Punggye-ri.

Sebelumnya mereka sudah melakukan tiga uji coba pada 2006, 2009 dan 2013, di mana keseluruhannya dilaksanakan di Punggye-ri.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat