HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Korut Segera Rilis Pernyataan Setelah Dituduh Lakukan Tes Nuklir

3

HARIANACEH.co.id – Usai gempa 5,1 Skala Richter (SR) yang melanda Korea Utara (Korut) pada Rabu 6 Januari pagi, muncul spekulasi adanya tes nuklir. Korut pun segera mengeluarkan pernyataan terkait hal ini.

Situs dari China Earthquake Network Centre menyebutkan ada dugaan gempa itu disebabkan oleh ledakan. Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) pun menyatakan bahwa episenter berada di timur laut Korut.

Pusat gempa lebih tepatnya berada sekitar 50 kilometer barat laut Kota Kilju. Kota Kilju berada tepat di dekat lokasi uji coba nuklir Korut di Punggye-ri.

Pihak Korut pun berencana untuk memberikan pengumuman khusus melalui radio nasional Korut pada pukul 12.00 siang waktu setempat. Namun tidak dijelaskan apa isi pengumuman khusus itu.

Jika Korut benar-benar melakukan uji coba nuklir, maka akan memicu kecaman internasional. Sebelumnya mereka sudah melakukan tiga uji coba pada 2006, 2009 dan 2013, di mana keseluruhannya dilaksanakan di Punggye-ri.

Adanya uji coba nuklir memungkinkan sanksi internasional yang lebih ketat lagi terhadap Korut. Sebelumnya sanksi keras sudah diterapkan saat Negara Komunis itu melakukan tes nuklir dan rudal balistik.

Sementara di Korea Selatan (Korsel) kantor Kepresidenan melakukan pertemuan darurat di Dewan Keamanan Nasional. Pejabat Korsel pun disebar untuk mencari konfirmasi penyebab guncangan.

“Analisa menyeluruh diperlukan untuk menentukan apakah gempa ini buatan atau sebab alami,” ujar juru bicara Badan Meteorologi Korea, seperti dikutip AFP, Rabu (6/2/2015).

Desember 2015 lalu, peneliti di Johns Hopkins University mengaku memperoleh citra satelit yang menunjukkan bahwa Korut menggali terowongan baru di Punggye-ri. Diduga terowongan itu dibangun untuk persiapan uji coba nuklir terbaru.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time