HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Korut Uji Coba Nuklir, Amerika Serikat Tak Mau Kalah

6

HARIANACEH.co.id – Amerika Serikat (AS) mengecam tindakan Korea Utara (Korut) yang melakukan uji coba bom hidrogen. Gedung Putih pun menegaskan akan memberikan respons setimpal.

Tes yang dilakukan pada Rabu 6 Januari tersebut, memicu gempa berkekuatan 5,1 Skala Richter (SR). AS pun melihat ulah Korut ini sebagai bentuk provokasi.

“Meski kami tidak bisa mengonfirmasi klaim tersebut saat ini, kami tetapi mengecam tindakan yang melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB. Sekali lagi kami meminta Korut memathui kewajiban dan komitmen internasional,” ujar Juru Bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih Ned Price, seperti dikutip AFP, Rabu (6/1/2015).

Sementara Korea Selatan (Korsel) mengecam keras pengumuman dari Korut mengenai uji coba bom hidrogen. Mereka menyatakan akan mengambil langkah untuk memberikan hukuman kepada negara tetangganya.

“Kami mengecam keras ulah Korut yang melakukan uji coba nuklir keempat. Ini jelas sebuah pelanggaran atas resolusi DK PBB, meskipun di tengah peringatan dari AS dan dunia internasional,” imbuh pihak Korsel.

Presiden Korsel Park Geun-Hye pun langsung mengambil langkah melakukan pertemuan darurat dengan Dewan Keamanan Nasional (NSC), segera setelah uji coba dilakukan.

“Langkah lanjutan akan dilakukan termasuk menerapkan sanksi baru melalui DK PBB. Korut harus membayar mahal dengan uji coba nuklir yang dilakukannya,” pernyataan pihak Korsel.

Diduga, bom hidrogen yang dilakukan oleh Korut pada pagi hari Rabu 6 Januari, memiliki daya ledak tinggi. Uji coba itu bahkan memicu terjadinya gempa berkekuatan 5,1 skala richter (SR).

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time