HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Uji Coba Bom Hidrogen Sukses Dilakukan Korea Utara

2

HARIANACEH.co.id – Korea Utara (Korut) mengklaim sukses melakukan uji coba bom hidrogen pertama. Sebelumnya dilaporkan adanya gempa yang diakibatkan uji coba itu.

“Uji coba bom hidrogen pertama sukses dilakukan pada 6 Januari pukul 10.00 pagi (waktu setempat). Ini didasarkan atas keinginan kuat Partai Pekerja,” pernyataan pihak Korut dalam siaran televisi setempat, seperti dikutip AFP, Rabu (6/1/2015).

Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) pun melaporkan terjadi gempa berkekuatan 5,1 SR yang berada di timur laut Korut.

Pusat gempa lebih tepatnya berada sekitar 50 kilometer barat laut Kota Kilju. Kota Kilju berada tepat di dekat lokasi uji coba nuklir Korut di Punggye-ri.

Sebelumnya mereka sudah melakukan tiga uji coba pada 2006, 2009 dan 2013, di mana keseluruhannya dilaksanakan di Punggye-ri.

Adanya uji coba terbaru memungkinkan sanksi internasional yang lebih ketat lagi terhadap Korut. Sebelumnya sanksi keras sudah diterapkan saat Negara Komunis itu melakukan tes nuklir dan rudal balistik.

Adapun tes ini dilakukan dua hari sebelum perayaan ulang tahun pemimpin Korut, Kim Jong-Un. Pemimpin muda Korut itu pun sebelumnya mengklaim bahwa negaranya memiliki bom hidrogen dan kekuataannya lebih besar dari bom atom.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time