HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Anda Harus Segera Cek Kesuburan, Inilah Alasannya

1

HARIANACEH.co.id — Sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa jika seorang wanita ingin mndapatkan kesempatan 90 persen memiliki tiga anak secara alami, dia harus mulai mencoba pada usia 23 tahun. Di Inggris, sebanyak 3,5 juta orang (satu dari tujuh pasangan) mengalami kesulitan untuk hamil selama 12 bulan mencoba.

Jika wanita di Inggris biasanya melakukan tes kesuburan pada usia 25, maka dapat dilihat bahwa terdapat penurunan dalam hal penundaan kehamilan. Jika Anda tergolong orang yang sering melakukan hal berikut ini, maka Anda perlu segera melakukan cek kesuburan.

1. Perokok aktif

Studi menunjukkan bahwa wanita yang merokok lebih dari sepuluh batang sehari lebih berisiko untuk memiliki masalah kesuburan, termasuk penuaan dini ovarium dan penyumbatan tuba fallopi. Jika pasangan Anda adalah seorang perokok, Anda mungkin ingin meminta dia untuk menghentikan kebiasaan itu karena asap rokok mengekspos tubuh terhadap bahan kimia beracun.

2. Minum alkohol

Jika Anda dan pasangan mengonsumsi alkohol secara berlebihan, kesempatan untuk hamil semakin kecil. Penelitian telah menemukan bahwa alkohol menyebabkan ketidakseimbangan hormon pada reproduksi perempuan, dan dapat menurunkan kadar testosteron pada pria.

3. Olahraga

Mungkin terdengar aneh, namun olahraga berat dapat menyebabkan ovarium menjadi kurang aktif. Hal ini sama seperti kelebihan berat badan yang mengganggu produksi hormon dan ovulasi. Ganti olrahraga berat dengan berenang dan olahraga cardio yang ringan.

4. Lebih memilih makanan yang digoreng daripada sayuran

Makan yang seimbang dan diet sehat sangat penting untuk kesehatan reproduksi. Makanan tinggi antioksidan dan seng yang bermanfaat bagi wanita berusaha untuk hamil, misalnya sayuran berwarna hijau gelap, makanan laut, kacang-kacangan dan biji-bijian. Vitamin B juga memainkan peran kunci dalam pembuahan, terutama asam folat, yang dapat mencegah cacat tabung saraf. Selain itu, buah jeruk, telur, kacang-kacangan dan lentil, semuanya mengandung nutrisi yang dapat meningkatkan kesuburan.

5. Menstruasi tidak teratur

Mengetahui pola menstruasi adalah hal yang mudah. Tidak memiliki siklus mentruasi yang teratur membuat membuat masa ovulasi sulit diketahui sehingga Anda kesulitan untuk merencanakan waktu optimal untuk berhubungan seks. Cek kesehatan bila Anda kelewatan waktu menstruasi.

6. Stres atau depresi

Stres, depresi, dan kesuburan saling memiliki hubungan. Jika kesulitan hamil, cobalah kelas yoga atau spa. Tingkrat stres yang meningkat dapat memicu pelepasan adrenalin, yang bisa memberi efek negatif pada kesuburan. Hal ini juga dapat mempengaruhi sel-sel pembunuh alami dan sistem kekebalan tubuh yang telah dibuktikan mampu menurunkan kemungkinan pembuahan pada pria dan wanita. Meskipun tidak ada bukti konklusif bahwa depresi menyebabkan infertilitas, penelitian telah mengidentifikasi ada hubungan antara depresi dan peningkatan tingkat infertilitas.

7. Kurang berhubungan seks

Adalah penting untuk melakukan hubungan seks secara teratur, setidaknya 2-3 kali seminggu.

8. Libido rendah

Libido memiliki peran dalam hal pembuatan bayi. Dalam hal ini, obat-obatan bisa membantu. Beberapa obat-obatan dapat menimbulkan ovulasi, dan beberapa dapat menghentikannya sama sekali. Karena itu, senelum memutuskan meminum obat, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

9. Pendarahan dan rasa sakit saat menstruasi dan berhubungan seks

Pendarahan abnormal setelah berhubungan seks bisa jadi menunjukkan masalah kesuburan. Nyeri dapat dikaitkan dengan endometriosis dan penyakit menular seksual. Hal ini dapat mempengaruhi saluran tuba dan mengganggu kemampuan untuk berhasil hamil.

10. Siap memulai sebuah keluarga

Sebelum memulai keputusan, ada baiknya Anda dan pasangan melakukan tes. Wanita dilahirkan dengan pasokan sel telur seumur hidup, yang secara bertahap menurun sepanjang usia 20-an, 30-an, dan sebagainya. Tes darah juga dapat membantu mengidentifikasi kondisi kesuburan Anda.

loading...