HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Baik Atau Burukkah Olahraga Sebelum Tidur?

7

HARIANACEH.co.id – Menjaga tubuh tetap sehat sangatlah penting, terutama bila berhubungan dengan jantung dan paru-paru. Agar tetap sehat, sebaiknya Anda melakukan olahraga pada pagi hari. Lalu bagaimana jika tidak sempat berolahraga di pagi hari dan justru melakukannya di malam hari?

Sebuah studi mengatakan bahwa seseorang memiliki kualitas tidur yang baik setelah melakukan olahraga sebelum tidur. Namun, ada juga penelitian yang menunjukkan hasil sebaliknya.

Apakah olahraga di malam hari baik atau buruk?

Olahraga sebelum tidur tidak akan berdampak buruk bila Anda melakukannya dengan tepat. Pastikan hanya olahraga ringan dan sedikit camilan sesudah melakukannya. Selain itu, Anda juga harus mandi sebelum terlelap.

Apakah memberi efek saat tidur?

Beberapa orang mungkin mengalami gangguan tidur setelah berolahraga. Hal ini dikarenakan suhu tubuh meningkat dan tubuh menjadi aktif sekali sehingga membuat beberapa orang sulit tidur.

Jika demikan, sebaiknya berolahraga dua jam sebelum tidur. Namun, beberapa orang lainnya tidak mengalami masalah pada tidurnya.

Membuat kualitas tidur lebih baik

Cobalah tips berikut, tarik napas yang dalam dan meditasi setelah berolahraga untuk menurunkan tingkat adrenalin dan mendapat kualitas tidur yang baik. Setelah olahraga, mandilah dengan air dingin untuk menurunkan suhu tubuh.

Gunakan minyak esensial

Memakai minyak esensial dan suplemen penenang seperti ekstrak kava-kava, minyak lavender, ekstrak bunga dan magnesium bubuk dapat membantu mengurangi kecemasan sehingga setelah berolahraga Anda dapat tidur nyenyak.

Menjadi lebih santai

Jika Anda memiliki hari yang sibuk, berolahraga sebelum tidur dapat membuat tubuh kembali santai. Ini adalah alasan terbaik mengapa olahraga sebelum tidur memang perlu dilakukan.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat