HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Kontes Sistem Komunikasi Drone Digelar Produsen Ford

5

HARIANACEH.co.id – Ford bekerjasama dengan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) membuat sebuah perlombaan/kontes untuk mengembangkan dan merancang jaringan komunikasi drone untuk di kendaraannya.

Dalam kemitraannya dengan DJI sebagi pembuat pesawat tak berawak (drone) di dunia, Ford mengundang semua merek dan berbagai kalangan untuk ambil bagian dalam kontes ini, untuk membuat drone yang bisa terbang mengikuti Ford F-150 hingga dapat kembali mendarat di truck.

Pemenang bakal mendapatkan hadiah sebesar USD100 ribu (sekitar Rp1,4 miliar). Ford mengatakan bahwa tujuan diadakannya kontes ini adalah untuk membantu PBB memeriksa zona darurat yang dapat diakses melalui kendaraan.

Idenya adalah bahwa responden pertama akan dapat menarik dan menyebarkan drone langsung dari truk mereka menggunakan layar sentuh, untuk mendapatkan tampilan yang lebih baik dari daerah sekitarnya.

Drone juga akan mampu membuat peta yang aman dan bisa diajdikan jalur penyelamatan bersama dengan foto
close-up masing-masing. Akhirnya, drone harus bisa kembali ke trcuk, bahkan jika truck telah berpindah tempat.

“Kami mendorong inovasi di setiap bagian dari bisnis kami untuk membantu membuat kehidupan masyarakat yang lebih baik,” kata Ken Washington, Ford vice president, Research and Advanced Engineering.

Ken menambahkan, meskipun kontes untuk mencari aplikasi tertentu teknologi, Ford menunjukkan bahwa hal itu mungkin juga berguna dalam bidang lain seperti, pertanian, kehutanan, konstruksi, inspeksi jembatan, pencarian dan penyelamatan, dan untuk bidang lain di mana kendaraan tidak dibatasi oleh medan yang sulit.

loading...