HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Korea Utara Akan Diberi Sanksi oleh DK PBB Terkait Uji Coba Bom Hidrogen

2

HARIANACEH.co.id – Dewan Keamanan Persatuan Bangsa-Bangsa (DK PBB) sepakat menjatuhkan serangkaian sanksi terbaru untuk menghukum Korea Utara atas uji coba bom hidrogen.

Pengumuman mendadak Korut atas tes bom menggegerkan dunia, dan dikhawatirkan mengganggu kestabilan dan perdamaian global.

Meski sejumlah pakar masih belum 100 persen bisa mengonfirmasi Korut memang meledakkan bom hidrogen, namun banyak bukti yang merujuk ke sana.

Dengan didukung Tiongkok, 15 anggota DK PKK mengutuk keras uji coba bom. Mereka mengaku mulai membuat kerangka resolusi terbaru yang akan berisi “serangkaian langkah signifikan.”

Para diplomat PBB mengonfirmasi perbincangan sedang berlangsung mengenai rencana sanksi, yang telah dijatuhkan pada Korut sejak negara itu melakukan uji coba bom atom pada 2006.

“Saya meminta DPRK berhenti melakukan aktivitas nuklir lebih lanjut,” ujar Sekjen PBB Ban Ki-moon, menggunakan nama resmi dari Korut, seperti dikutip AFP, Rabu (6/1/2015).

Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-Un, secara langsung memerintahkan uji coba bom hidrogen yang baru saja berlangsung. Jong-Un menyatakan ingin mendengar suara menggelegar dari bom.

Perintah ini diotorisasi oleh Kim Jong-Un tiga pekan lalu. Dalam perintahnya itu, Jong-Un ini membuka awal tahun dengan suara menggelegar.

“Mari buka tahun 2016 dengan suara menggelegar dari ledakan bom hidrogen pertama, hingga seluruh dunia tahu negara sosialis, yang memiliki senjata nuklir dan kehebatan dari Partai Pekerja Korea!” sebut Kim Jong-Un, dalam tulisan tangannya.

Pesan tersebut diperlihatkan oleh stasiun televisi nasional Korut. Perintah ini pada awalnya dikeluarkan pada 15 Desember 2015, kemudian perintah kedua dikeluarkan pada 3 Januari hingga perintah akhir yang disetujui pada 6 Januari.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time