HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Propaganda Pengeras Suara Akan Dilanjutkan Korsel ke Korut

4

HARIANACEH.co.id – Korea Selatan berencana melanjutkan program propaganda dengan menggunakan pengeras suara ke arah Korea Utara. Langkah ini pernah membuat Korut mengeluarkan ancaman serangan militer ke negara tetangganya.

Keputusan melanjutkan propaganda super bising ini diambil sebagai respons atas uji coba bom nuklir terbaru Korut. Pyongyang mengumumkan telah berhasil melakukan uji coba bom hidrogen, yang jauh lebih kuat dari bom nuklir.

“Uji coba nuklir keempat Korut adalah pelanggaran aturan internasional dan juga pelanggaran berat terhadap kesepakatan inter-Korea pada 25 Agustus,” ucap seorang pejabat dari Gedung Biru di Seoul, seperti dilansir AFP, Kamis (7/1/2016).

“Jadi, pemerintah Korsel memutuskan melanjutkan propaganda perbatasan ke arah Korut pada Jumat siang,” sambung dia.

Perjanjian inter-Korea pada 25 Agustus mengakhiri ketegangan Korsel dan Korut yang hampir berujung pada konflik militer besar. Ketegangan dipicu terlukanya dua prajurit Korsel atas ledakan ranjau darat di perbatasan. Korut sudah mengungkapkan penyesalannya atas insiden ranjau.

Dalam perjanjian, dituliskan bahwa pengeras suara kedua kubu harus tetap dimatikan, “kecuali jika terjadi kasus abnormal.”

loading...