HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Sakit Kepala Bisa Disembuhkan Tanpa Harus Minum Obat

8

HARIANACEH.co.id – Sakit kepala merupakan suatu penyakit yang sering dialami oleh setiap orang. Terkadang, sakit kepala menyerang di waktu yang tidak tepat.

Kebiasaan mengonsusmi obat saat sakit kepala perlu dipertimbangkan kembali. Selain tidak bisa langsung menyembuhkan, obat kimia dapat memberikan efek samping pada tubuh.

Dilansir dari Times Of India, berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan ketika mengalami sakit kepala tanpa minum obat.

Mengonsumsi cairan

Dehidrasi dapat menjadi salah satu penyebab utama sakit kepala. Mengonsumsi banyak cairan seperti air putih, jus dapat meringankan nyeri di kepala. Selain itu, kurangi mengonsumsi minuman yang banyak mengandung kafein seperti kopi dan teh.

Pijat kepala

Memberikan sedikit pijatan yang lembut menggunakan telunjuk atau ibu jari beberapa saat diyakini dapat mengurangi rasa sakit di kepala. Memijat kepala akan sangat membantu untuk mengurangi otot yang menegang dan memperlancar peredaran darah di kepala.

Ikuti diet seimbang dengan waktu makan yang tepat

Tidak jarang orang yang sedang menjalani diet sering mengalami sakit kepala. Hal itu dikarenakan kurangnya asupan glukosa ke otak yang menyebabkan hipoglikemia yang kemudian menyebabkan sakit kepala.

Oleh karena itu, tetaplah jaga asupan makanan Anda tetap seimbang dengan menjalankan pola diet sehat. Hal itu dilakukan agar kebutuhan tubuh akan energi, khususnya kepala dapat terpenuhi meski sedang menjalani diet.

Tidur yang cukup

Tak jarang setelah menonton bola lewat tengah malam mengakibatkan kepala sering sakit pada keesokan harinya. Kurang tidur atau tidur tak nyenyak di malam hari dapat mengganggu siklus tidur Anda dan mengakibatkan sakit kepala. Normalnya, waktu tidur yang baik antara 6-8 jam. Posisi tidur juga menentukan kualitas tidur Anda, misalnya dengan tidak menggunakan bantal yang terlalu tebal.

Beristirahat sejenak

Ketika kepala sudah mulai merasa sakit, cobalah untuk mengistirahatkan tubuh untuk beberapa saat. Tutup mata kemudian coba untuk melepaskan ketegangan dan tekanan di punggung, leher, bahu sambil duduk. Hindari posisi tubuh tegak lurus atau tidak membungkuk.

Mandi air panas

Mandi dengan air panas diyakini dapat mengurangi sakit kepala. Karena, air panas mampu mengendurkan otot-otot di kepala dan leher, sehingga aliran darah mengalir lebih baik.

Coba tersenyum dan tertawa

Dalam kasus sakit kepala ringan, tersenyum bisa menjadi obat. Ketika kita tertawa, maka otak akan mengeluarkan senyawa kimia yang disebut endorfin yang dapat mengurangi rasa nyeri di kepala.

Bersantai dan melakukan aktivitas yang diinginkan

Selama sakit kepala, coba tenangkan diri dengan bersantai sejenak sambil mendengarkan musik untuk membantu mengurangi stres. Selain itu, tutup mata dan pikirkan hal-hal yang dapat membuat Anda senang.

Menghirup udara segar

Latihan pernapasan mendalam juga dapat membantu dalam menghilangkan sakit kepala. Itu akan menjadi lebih efektif sebagai obat sakit kepala alami jika dilakukan di lingkungan yang memiliki udara segar.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time