HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Jero Wacik Minta Blokir Rekeningnya Dibuka, Keluarga Sudah Kesulitan Belanja

1

HARIANACEH.co.id – Terdakwa dugaan penyalahgunaan Dana Operasional Menteri (DOM) dan penerimaan gratifikasi Jero Wacik meminta Jaksa Penuntut Umum pada KPK membuka rekeningnya yang diblokir. Jero meminta Jaksa membuka rekening lantaran keluarganya kesulitan memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Kalau diblokir, keluarga saya mau belanja gimana, itu rekening saya buat sejak tahun 1991 buat beli rumah di Denpasar dan Bintaro, saya mohon kepada Jaksa buka rekening saya,” kata Jero usai sidang di Pengadilan Tipikor, Jalan Bungur Besar Raya, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (7/1/2016).

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebelumnya sudah menyita tanah dan bangunan milik mantan Menteri ESDM itu. KPK menyita rumah Jero di Bali serta memblokir tiga rekening bank yang berisi uang pecahan dollar AS dan rupiah dengan total Rp15,522 miliar.

Terkait pemblokiran, surat permohonan sudah diberikan kepada Jaksa. Namun, belum dapat diputuskan apa rekening dapat dibuka atau tidak.

Dalam kasus ini, Jero Wajik didakwa dengan tiga dakwaan sekaligus, pada dakwaan pertama, Jero Wacik selaku Menteri Kebudayaan dan Pariwisata didakwa menyalahgunakan DOM. Dana yang mencapai Rp8.408.617.149 ini disebut digunakan untuk memperkaya diri sendiri serta keluarganya.

Di dakwaan kedua, Jero selaku Menteri ESDM didakwa memeras dengan cara memaksa anak buahnya melakukan pengumpulan uang. Pemerasan dilakukan karena Jero menilai DOM di Kementerian ESDM lebih kecil dibandingkan di Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata.

Uang yang dikumpulkan oleh anak buahnya itu berasal dari kickback rekanan pengadaan. Jumlahnya mencapai Rp10,38 miliar. Uang itu digunakan untuk memenuhi keperluan pribadi Jero.

Sementara pada dakwaan ketiga, Jero didakwa menerima gatifikasi terkait jabatannya sebagai Menteri ESDM. Gratifikasi diterima dalam bentuk pembayaran biaya pesta ulang tahun Jero tanggal 24 April 2012 di Hotel Dharmawangsa, Kebayoran Baru, Jaksel, sejumlah Rp349.065.174.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat