HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Pada 2025, Pemerintah Targetkan 2 Skadron Pesawat Tempur Baru

1

HARIANACEH.co.id – Pemerintah sepakat menjalin kerja sama lanjutan dengan Korea Aero Industries (KAI) dalam program pembuatan pesawat tempur. Kerja sama itu dijalin guna mewujudkan rencana pemerintah menambah jumlah pesawat tempur Indonesia.

Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu menargetkan pada 2025 Indonesia punya dua skadron pesawat tempur. Rencana itu, kata Ryamizard bakal dimulai dari sekarang.

“Kalau tidak dimulai sekarang, kapan lagi Indonesia dapat membuat? Kalau beli, semua negara bisa, tapi kalau membuat tidak semua bisa,” kata Ryamizard di Kantor Kemenhan, Tanah Abang Timur, Jakarta Pusat, Kamis (7/1/2016).

Ryamizard mengatakan, rencana itu bukan tanpa alasan. Sebab, Indonesia sebagai negara terbesar ketiga di dunia mesti punya kemampuan tempur yang handal di darat, laut, dan udara.

Pesawat tempur yang bakal dibuat adalah pesawat tempur KF-X/IF-X. Ryamizard mengatakan, pesawat tempur itu masuk kategori generasi 4,5. Generasi itu diyakini masih bisa bersaing pada 2025 nanti.

“Masih (bersaing), sekarang saja F-16 kan generasi 4. Ini generasi 4.5,” ungkap Ryamizard

Pada kerja sama itu, Indonesia mengeluarkan dana sekitar 20 persen dari total anggaran untuk tahap pembuatan prototipe. Total anggaran yang dikeluarkan pemerintah sekitar Rp18 Triliun.

Ryamizard bilang proses pembuatan awal bakal dilakukan di Korea. Proses pembuatan pesawat selanjutnya, bakal dilakukan di lakukan di Indonesia.

“Infrastruktur penunjang pembuatan pesawat sudah siap. Satu-dua di sana, pembuatan pesawat ketiga di sini. Dan 80 persen orang kita,” kata Ryamizard.

Ryamizard juga memastikan komponen pesawat mayoritas berasal dari dalam negeri. Bahkan, pemerintah punya wacana jadi bisa menjual pesawat ke negara lain.

“Sesuai UU Pertahanan. Pesawat ketiga yang dibuat di sini pasti akan banyak gunakan komponen dalam negeri. Kami sudah ada pemasaran. Nanti akan dijual ke negara lain. Makanya kita buat, nanti jual sendiri,” pungkas Ryamizard.

loading...