HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Daerah Bisa Kena Imbas Soal Gaduh Penilaian Menteri

46

HARIANACEH.co.id – Hasil evaluasi kinerja kementerian yang diumumkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi menjadi polemik. Yuddy dianggap bermanuver menilai koleganya sesama menteri dan pimpinan lembaga saat isu perombakan (reshuffle) kabinet mencuat.

Tindakan Yuddy juga dianggap menciptakan kegaduhan setelah hasil evaluasi dikaitkan dengan perombakan kabinet. Padahal, kata anggota Tim Reformasi Birokrasi Nasional Indra Jaya Piliang, Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla sudah menegaskan penilaian itu bukan tolak ukur dalam perombakan kabinet.

Indra mengaku heran dengan kegaduhan yang muncul usai penilaian tersebut. Kata dia, bukan hanya kementerian atau lembaga di pusat, pemerintah provinsi pun bisa jadi meributkan penilaian tersebut, terutama DKI Jakarta.

“Ini bukan hanya pusat tapi pada provinsi juga. Ahok (Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama) juga harusnya sudah marah. Giliran teman-teman pusat selesai marah, Ahok pasti marah,” kata Indra di Warung Daun, Jalan Cikini Raya, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (9/1/2016).

Indra membeberkan, di penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah, DKI Jakarta ada di urutan ke 18 dengan nilai CC.

Indra pun membantah tudingan penilaian yang dirilis Kemenpan-RB itu berdasarkan kedekatan dan tak objektif. Menurutnya, Yuddy yang akrab  tak memberikan perlakuan khusus terhadap Provinsi Sulawesi Barat. Padahal, masih kata Indra, Yuddy dekat dengan Gubernur provinsi tersebut. Sulawesi Barat mendapat ranking ke 30 dari 33 provinsi.

“Ini juga kita lakukan pada kabupaten/kota. Ada indeksnya di seluruh Indonesia, memang masih belum muncul di website,” pungkas Indra.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat