HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Gembong Narkoba Meksiko Kembali Ditangkap Setelah Usai Kabur

4

HARIANACEH.co.id – Marinir Meksiko berhasil menangkap kembali gembong narkoba Joaquin “El Chapo” Guzman. Guzman sebelumnya berhasil melarikan diri dari tahanannya enam bulan lalu.

Pengejaran dari gembong narkoba berbahaya itu dilakukan secara besar-besar oleh pihak keamanan Meksiko. Namun Marinir Meksiko akhirnya menangkap Guzman di Los Mochis, tempat geng narkoba Sinaloa beroperasi.

Penangkapan kembali gembong berusia 58 tahun itu membuat lega Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto. Pemerintahan Nieto dipermalukan ketika Guzman melarikan diri dari penjara penjagaan maksimum melalui terowongan yang digalinya pada 11 Juli.

“Misi telah rampung. Kita berhasil menangkapnya,” tulis Pena Nieto dalam akun Twitternya, seperti dikutip AFP, Sabtu (9/1/2016).

Sebelum penangkapan, pihak berwenang Meksiko mengumpulkan data intelijen dan penyelidikan mendalam dan penuh dengan kewaspadaan. Pada akhirnya usaha pihak berwenang berhasil dengan mematahkan jaringan pengaruh dan pihak yang melindungi Guzman.

Foto beredar menunjukkan wajah Guzman yang berkumis dan mengenakan baju yang kotor. Dia tangkap diborgol dan duduk di sebuah tempat tidur.

Gubernur Sinaloa, Mario Lopez Valdez mengatakan, Guzman ditangkap kembali di sebuah hotel yang berada di pinggiran Los Mochis. Marinir berhasil melacaknya setelah melakukan penggerebekan di sebuah rumah.

Jaksa Agung Amerika Serikat (AS) Loretta Lynch menyebut penangkapan kembali terhadap Guzman merupakan pukulan besar bagi kartel Sinaloa. Lynch menunggu persidangan Guzman atas segala tuduhan yang diarahkan kepadanya.

loading...