HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Pembalap Perempuan F1 Pertama Ini Meninggal Dunia

5

HARIANACEH.co.id – Maria Teresa de Filippis merupakan pembalap perempuan pertama di dunia Formula One (F1). Kini tepat pada Sabtu 9 Januari 2016, de Philippis meninggal pada usia 89 tahun.

Lahir di Naples 11 November 1926, de Philippis menjalani debutnya di dunia F1 dengan turun di ajang grand prix Monaco pada 1958. Saat itu dia tergabung pada tim Maserati.

Sayang pada saat itu, dia gagal lolos kualifikasi. Tetapi kesempatan yang kedua tak disia-siakannya saat tampil di Belgia. De Philippis mampu menyelesaikan seluruh lap.

Kesuksesan terus menaunginya, dia lolos di balapan Portugal dan Italia pada tahun yang sama. Setahun kemudian, de Philippis akhirnya tampil pada balapan di Monaco dengan mengemudikan Behra-Porsche.

De Philippis kemudian menngundurkan diri dari dunia F1 pada 1959, setelah ada kejadian yang menewaskan pemilik Behra-Porsche. Dalam sebuah wawancara dengan The Observer pada 2006, de Philippis menyebut ‘terlalu banyak teman yang meninggal’.

Dia kemudian menjadi satu-satunya wanita yang pernah berkompetisi di F1 saat itu hingga muncul rekan senegaranya, Lella Lombardi tampil di grand prix Afrika Selatan pada 1975.

Setelah memulai sebuah keluarga, de Philippis kembali ke arena motorsport ketika ia menerima undangan pada 1979 untuk bergabung dengan klub Internationale des Anciens Pilotes de Grand Prix F1 untuk pembalap pensiunan. Kemudian de Philippis juga pernah menjadi wakil presiden pada 1997.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat