HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

1.000 Hektare Sawah Abadi Dicanangkan Para Alumni IPB Ini

12

HARIANACEH.co.id – Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor (IPB) mencanangkan sawah abadi seluas 1.000 hektare di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan. Program ini ditujukan untuk mewujudkan swasembada padi yang ditetapkan pemerintah.

Ketua Himpunan Alumni IPB, Bambang Hendroyono, mengatakan saat ini baru ada 50 hektare sawah abadi yang dikerjakan dengan sistem mekanisasi pertanian. Luasnya akan terus bertambah seiring dengan adanya partisipasi alumni IPB.

“Alumni IPB dapat berpartisipasi dengan memiliki kavling sawah 1 hektare sertifikat hak milik dengan dana Rp35 juta sampai Rp40 juta,” kata Bambang, di Bogor, Senin (1/2/2016).

Terkait ketersediaan lahan, lanjut Bambang, pihaknya sudah bekerja sama dengan Pemkab OKI yang menyediakan lahan sawah pasang surut di satu lokasi seluas 1.000 hektare.

Selain di Kabupaten OKI, program sawah abadi juga akan didukung dengan keberadaan Kampung IPB di Pandeglang, Banten. Sama halnya dengan progran sawah abadi, lahan pertanian di Kampung IPB yang saat ini hanya seluas 265 hektare, akan dikembangkan menjadi 1.000 hektare.

“Kampung IPB merupakan komplek pertanian yang konsepnya mengintegrasikan pertanian berkelanjutan dan usaha tani terpadu. Nantinya di Kampung IPB akan dibangun peternakan, perikanan,ecological farming, perkebunan, dan hunian khusus alumni IPB,” kata dia.

Rektor IPB Prof. Herry Suhardiyanto menyatakan dukungannya dengan program tersebut. Menurutnya program itu adalah langkah nyata kiprah alumni IPB di masyarakat dengan ikut terlibat bersama masyarakat untuk membangun pertanian di Indonesia.

“IPB berbangga dengan alumni yang menunjukkan baktinya kepada masyarakat. Program ini harus dilakukan dengan konsisten sehingga mendatangkan kemanfaatan untuk masyarakat secara luas dan jangka panjang,” kata Herry.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat