HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

70 Orang Tewas Akibat Serangan ISIS di Ibu Kota Suriah

1

HARIANACEH.co.id – Serangan bunuh diri kelompok militan Islamic State (ISIS) di Damaskus, Suriah, Minggu (31/1/2016), menewaskan sedikitnya 70 orang. Informasi didapat dari grup pemantau Syrian Observatory for Human Rights.

Sebuah bom mobil dan dua pelaku bom bunuh diri menyerang distrik Sayeda Zeinab, lokasi berdirinya salah satu situs suci bagi Muslim Syiah. Kantor berita SANA sebelumnya melaporkan adanya 50 korban jiwa dalam serangan terbaru ini.

Seperti dikutip Reuters, Observatory mengatakan ISIS menyerang sebuah bus militer yang mengangkut prajurit Syiah. Sebanyak 42 dari 70 korban tewas adalah tentara pemerintah rezim Presiden Bashar al-Assad.

Grup militan Hizbullah yang berisi Muslim Syiah dan beberapa lainnya berkuasa di distrik Sayeda Zeinab. Distrik ini merupakan lokasi tujuan bagi peziarah Syiah dari Iran, Lebanon dan beberapa negara lainnya di dunia.

ISIS, yang menerapkan versi radikal dari Sunni, menganggap Syiah sebagai aliran sesat yang harus dihancurkan.

Sayeda Zeinab kerap dilanda serangkaian aksi kekerasan di awal-awal tahun meletusnya perang sipil di Suriah. Hal ini memicu pemerintah memperketat area, dengan menempatkan banyak papan penghalang dan blokade di berbagai penjuru distrik.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat