HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Ini Reaksi Netizen Terkait IndiHome Terapkan Kebijakan FUP

33

HARIANACEH.co.id – IndiHome menerapkan kebijakan FUP (Fair Usage Policy). Pada dasarnya, semua penyedia layanan fixed broadband memiliki kebijakan ini.

Sistem yang diterapkan oleh IndiHome adalah dengan menurunkan kecepatan jaringan internet pengguna setelah pengguna mencapai batas pemakaian wajar yang telah ditentukan. Misalnya, pada paket kecepatan 10Mbps, batas pemakaian wajar yang diberikan adalah 300GB.

Telkom menjelaskan bahwa mereka melakukan hal ini untuk melindungi pengguna biasa (normal user) dari pengguna berat (heavy user).

Meskipun begitu, keputusan Telkom untuk memberlakukan kebijakan FUP tetap menuai protes dari para netizen.

Inilah beberapa kicauan para netizen di Twitter.

Selain melalui Twitter, para netizen juga menunjukkan keberatannya melalui forum Kaskus.

“Berarti kembali seperti yg dulu dong. dan bukan pure UNLIMITED,” kata seorang Kaskus Addict dengan akun rawk.sr.

Seorang pengguna forum dengan jabatan Aktivis Kaskus, Dart.dragoon juga protes karena penggantian aturan yang dilakukan IndiHome. “Seenaknya gonta-ganti aturan,” katanya memprotes.

Namun, tidak semua orang protes terhadap keputusan Telkom ini. Contohnya adalah seorang netizen dengan akun kalisengge yang berkata, “Kalo speed 4Mbps stabil nggak apa-apa walau ada FUP juga.”

“Masih wajarlah, FUP-nya gede gitu, ndak cuman 3GB sebulan lalu jadi 16kb,” kataomsinchan, seorang Aktivis Kaskus. “Gw aja dulu waktu keranjingan norent cuma habis 120GB sebulan.”

Sementara itu, sebagian orang lebih peduli tentang teknis bagaimana cara memeriksa pemakaian FUP.

Meskipun begitu, dari Kaskus, juga terlihat bahwa sebagian besar orang yang memberikan protes keras adalah mereka yang sering melakukan pengunduhan ilegal alias torrent. Atau orang-orang yang menggunakan layanan IndiHome untuk membuka warung internet.

“Wah compie gua selalu on torrentnya, sehari 20 -30GB. Baru mao ke indi bulan depan,” kata seorang Kaskus Addict dengan akun samber.gledek.

Berikut Kebijakan Baru yang dikeluarkan Telkom:

Fair Usage Policy

Komentar
Sedang Loading...
Memuat