HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Mengapa Godaan Makanan Cepat Saji Sulit Dihindari?

2

HARIANACEH.co.id – Banyak orang sadar tentang bahaya mengonsumsijunk food atau makanan cepat saji. Namun, kesadaran tak menjadi jaminan mutlak seseorang bisa berhenti mengonsumsi makanan tersebut.

Para peneliti dari  Italy’s International School mencoba melihat fenonema tersebut. Mereka melihat kecenderungan tersebut pada tingkat sadar dan bawah sadar seseorang saat menentukan pilihan makanan yang akan dikonsumsi.

Para peneliti berpendapat, makanan siap saji memiliki daya tarik  sehingga sulit sekali untuk tidak tergiur untuk mengonsumsinya.

Dalam penelitian, mereka menganalisis 57 orang responden yang memiliki berat badan normal. Para peneliti melihat kecenderungan yang dimiliki responden lewat garis stylus yang menghubungkan dua titik.

Adapun titik yang dipilih para responden kebanyakan jatuh pada gambar pizza dan peralatan dapur seperti pemanggang roti. Lewat pilihan tersebut, peneliti kemudian melihat faktor keinginan untuk mengonsumsi makanan cepat saji pada diri seseorang.

“Keinginan makan berhubungan erat dengan rangsangan dari sumber yang kita lihat. Bahkan, ketika Anda tidak ingin makan,” demikian isi studi itu sebagaimana dilansir Health, Senin (1/2/2016).

Peneliti juga menyimpulkan, semakin negatif efek makanan terhadap tubuh, maka keinginan untuk mengonsumsinya akan semakin kuat. Hal itu secara alamiah ada dalam diri manusia.

“Keinginan untuk mengonsumsi sesuatu yang buruk bahkan sudah tertanam di dalam diri seseorang,” pungkas Francesco Foroni, ketua peneliti.

loading...