HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Ormas yang Kerap Buat Ricuh Tak Mampu Ditangani Pemerintah

4

HARIANACEH.co.id – Bentrokan dua organisasi masyarakat (ormas) Ikatan Pemuda Karya (IPK) dan Pemuda Pancasila (PP) yang terjadi di Medan, Sumatera Utara, Sabtu 30 Januari dinilai sebagai kegagalan pemerintah dalam menangani organisasi massa. Pemerintah dinilai tak berani dengan ormas yang cenderung membuat rusuh.

Sosiolog dan Guru Besar Sosiologi UI Prof Dr Paulus Wirutomo menyebut, pemerintah cenderung lebih berani menangani kasus ormas yang tidak memicu kerusuhan dan berkaitan dengan kekuasaan, misalnya kata dia dalam menangani ormas seperti Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar). Ketimbang, lanjut Paulus menangani ormas yang menyebabkan kerusuhan selama bertahun-tahun.

“Pemerintah tidak berani menangani kasus ormas-ormas seperti itu (yang menyebabkan kerusuhan) karena khawatir diserang balik,” kata Paulus, Minggu (31/1/2016).

Paulus mengatakan, pemerintah seharusnya menunjukkan keberadaan serta fungsinya. Bila perlu, tak masalah menggunakan kekerasan dengan proposional demi penegakan hukum.

“Kalau perlu ditertibkan menggunakan kekerasan juga. Hal itu sah-sah saja dilakukan demi penegakkan hukum karena memang itu fungsinya negara, ” pungkas dia.

loading...