HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Saat Wawancara Kerja, Ini Hal-Hal yang Perlu Disiapkan

4

HARIANACEH.co.id – Bagi Anda yang telah mengirimkan lamaran kerja, tahap selanjutnya tentulah menunggu undangan wawancara kerja. Ketika mendapat undangan wawancara, selamat! ini berarti Anda telah maju selangkah lagi.

Ada baiknya Anda mempersiapkan hal-hal berikut agar lebih tenang ketika wawancara kerja:

Bawa berkas penting

Sebelum berangkat, periksa kembali berkas-berkas penting seperti surat lamaran kerja, CV, ijazah, transkrip nilai, fotokopi KTP, pas foto, dan surat rekomendasi dari perusahaan sebelumnya jika ada. Dokumen-dokumen tersebut akan menjadi pendukung serta nilai jualmu pada perusahaan.

Survei perusahaan

Sebelum mendatangi perusahaan yang mengundang wawancara, lakukan survei terlebih dahulu di situs maupun media sosial. Jangan sampai Anda tidak mengetahui sama sekali tentang perusahaan yang dilamar.

Lakukan persiapan

Sebelum hari wawancara, Anda dapat mempersiapkan diri dengan latihan berbicara di depan cermin atau simulasi wawancara dengan teman maupun keluarga untuk menambah rasa percaya diri.

Kesan pertama

Saat sesi wawancara, jangan langsung bertanya soal gaji. Tanyakan seputar pekerjaan atau budaya perusahaan. Awal pembicaraan merupakan saat pertamamu meninggalkan kesan pertama yang baik, jadi bukal percakapan dengan memberi kesan bahwa Anda merupakan kandidat yang layak.

Penampilan

Saat wawancara, penampilan akan dinilai untuk menentukan apakah Anda layak. Maka, saat wawancara Anda harus berpenampilan profesional dengan muka segar, rambut rapi, dan pastikan tidak bau badan atau bau mulut.

Alat tulis

Jangan lupa bawa alat tulis, karena biasanya akan ada pengisian berkas dan data diri jika wawancara digabung dengan psikotes.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time