HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Untuk Bantu Irak, PBB Minta Dunia Internasional Kumpulkan Dana

8

HARIANACEH.co.id – Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) meminta dunia internasional mengumpulkan dana bantuan kemanusiaan senilai USD861 juta. Dana bantuan akan digunakan untuk rakyat Irak yang menderita karena perang dan pengungsian serta warga Suriah yang mengungsi di Irak.

“Kami ingin menggunakan dana ini untuk menjangkau 7,3 juta orang. Mereka ini adalah pihak paling rentan di Irak,” kata koordinator kemanusiaan PBB untuk Irak, Lise Grande dikutip dari AFP, Senin (1/2/2016).

Grande mengungkapkan uang yang didapat akan dipakai untuk memberikan bantuan berupa makanan, uang tunai, tempat berteduh dan air.

Sebetulnya kata dia, selama ini Irak melakukan pendanaan melalui penjualan minyak. Namun, lantaran harga minyak yang terus turun, pendapatan dari minyak ikut menurun.

Akibatnya, pendanaan tidak bisa dilanjutkan. Padahal, Irak berencana mengucurkan lebih dari USD1,5 miliar untuk bantuan kemanusiaan 2016.

“Kebutuhan keluarga-keluarga pengungsi jauh lebih besar dibandingkan kemampuan kami, karena itu kami memerlukan dukungan dari negara-negara donor,” ujar Menteri Irak urusan migrasi dan pengungsi, Mohammed al-jaff.

Kelompok ISIS telah menguasai banyak wilayah utara dan barat Baghdad pada 2014 dan pasukan pemerintah Irak terus memukul mundur pada jihadis. Diperkirakan pada 2016, jumlah pengungsi akan semakin meningkat.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time