HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

85 Orang Tewas Akibat Serangan Akhir Pekan Boko Haram

1

HARIANACEH.co.id – Sedikitnya 85 orang tewas dalam serangan grup ekstremis Boko Haram yang dilancarkan ke sebuah desa dekat kota Maiduguri, Nigeria, pada akhir pekan.

Ini merupakan serangan mematikan ketiga di area yang sama dalam empat hari terakhir, setelah Boko Haram menewaskan 24 orang dalam dua aksi berbeda.

Militer Nigeria mengatakan militan menyerang Dalori yang terletak dekat Maiduguri pada Sabtu setelah salat isya. Mereka membakar desa, yang memaksa para warganya melarikan diri ke semak-semak.

Laporan awal menyebutkan adanya 50 korban jiwa, namun komisioner kesehatan negara bagian Borno Haruna Mshelia melaporkan adanya 75 jasad yang dibawa ke rumah sakit dan 10 lainnya dimakamkan.

“Total 65 jasad disimpan di rumah sakit khusus, sementara 10 lainnya di UMTH. Ada 10 jasad yang dikuburkan di pemakaman Dalori,” kata Mshelia, seperti dikutipAFP, Senin (1/2/2016).

Uni Eropa mengutuk serangan brutal Boko Haram, dan berkomitmen membantu negara-negara di Afrika dalam melawan ekstremis.

Saksi mata Bulama Malum mengaku melihat 20 korban yang terbakar hebat hingga tak bisa dikenali. Dilaporkan pula 15 orang hilang setelah terjadinya serangan. Beberapa saksi bahkan mengaku orang yang hilang mencapai 100.

Malam Masa Dalori, kepala komunitas Dalori, mengatakan militan datang dengan menggunakan mobil golf dan mulai menembakkan senjata ke segala arah. “Orang-orang berlarian, termasuk saya,” ujar dia.

loading...