HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Bahas Revisi UU KPK, Zulkifli Hasan: “KPK-nya Ditanyain”

1

HARIANACEH.co.id – Usulan agar UU KPK segera direvisi menuai pro dan kontra dari berbagai kalangan. Sebagian besar tidak setuju jika pemerintah merevisi UU KPK.

Pro dan kontra terkait revisi UU KPK ini membuat Ketua MPR RI Zulkifli Hasan angkat bicara. Menurutnya, upaya untuk merevisi UU KPK harus didiskusikan terlebih dahulu dengan KPK.

“Kalau revisi UU KPK itu begini, kita tanya yang pakai, ya tanya KPK-nya maunya kayaknya gimana? Lah yang pakai dia, kita tanya sama KPK-nya,” ujar Zulkifli Hasan saat ditemui di Gedung Nusantara 3, MPR, Jakarta, Selasa (2/2/2016).

Lelaki berkacamata ini mengatakan, KPK berhak untuk menolak karena UU tersebut berkaitan langsung dengan KPK.

“Misalnya, saya Menteri Keuangan (Menkeu), ya kan bikin UU mengenai keuangan mesti tanya Menkeu-nya. Gimana kalau mau ubah UUD amandemen haluan negara, siapa? Ya tanya MPR-nya. Masak nanya yang lain? Tanya MPR-nya,” ujar Zulkifli mencontohkan.

Politikus PAN itu menegaskan, jangan sampai dari revisi UU tersebut muncul anggapan mengekebiri, menyulitkan, atau memberatkan KPK. Sebab, KPK dipercaya masyarakat, dan menjadi tumpuan dalam memberantas korupsi.

“Memang harus berubah negeri ini. Kayak tata niaga pangan, mengenai anggaran orang masih main-main. Sudah waktunya kita berubah,” pungkasnya.

loading...