HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Darurat Global terhadap Virus Zika Resmi Diumumkan WHO

1

HARIANACEH.co.id – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan keadaan darurat terhadap virus Zika dan masalah kesehatan yang berhubungan dengan virus tersebut.

WHO menyatakan keadaan darurat karena virus menyebar cepat melalui nyamuk Aides Aegypti, juga lonjakan pada bayi yang lahir dengan kepala abnormal kecil (microcephaly), di Brasil dan Polinesia Prancis.

Juga terdapat beberapa laporan tentang kondisi neurologis serius yang disebut Guillame-Barre Syndrome, telah muncul di daerah virus tersebut menyebar. Guillame-Barre Syndrome menyebabkan kelumpuhan.

Para pejabat resmi ini telah mengamati secara khusus kelompok masyarakat di El Salvador, Brasil, dan Polinesia Prancis.

“Para ahli setuju bahwa terdapat hubungan kausal yang kuat antara infeksi Zika selama kehamilan dan microcephaly, meskipun belum terbukti secara ilmiah,” kata Direktur Jenderal WHO Dr. Margaret Chan, dikutip CNN, Selasa (2/2/2016).

Setelah pertemuan pertama International Health Regulations Emergency Committee di Geneva, Swiss, Dr Margaret Chan mengambarkan Zika sebagai “peristiwa luar biasa.”

“Para anggota mengakui bahwa sesuai dengan kondisi di mana  keadaan darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional,” katanya.

Dr Margaret Chan menyatakan bahwa kelompok baru seperti microcephaly dan keabnormalan neurologis lainnya yang dilaporkan di Amerika Latin mengikuti kelompok yang sama di Polinesia Prancis pada 2014, sebagai keadaan darurat kesehatan yang menjadi perhatian internasional.

Deklarasi ini dimaksudkan untuk memfasilitasi pelacakan koordinasi internasional, penelitian, dan respons terhadap virus dan efeknya.

Telah dijelaskan bahwa virus Zika bukan infeksi klinis yang serius, namun WHO tetap mementingkan pergerakan virus ini yang mendesak dan sangat cepat.

Pekan lalu, lembaga tersebut menyatakan bahwa virus telah menyebar secara eksplosif di Amerika, telah menginfeksi 3 hingga 4 juta kali selama 12 bulan.

Pada Senin, 1 Februari 2016, Pan American Health Organization menambah Costa Rica dan Jamaika dalam daftar negara yang terserang virus Zika di Amerika.

Hingga kini, ada 28 negara yang terdaftar dan WHO terus memantau situasi dan memperbarui daftar yang diperlukan.

loading...