HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Dialog Damai Suriah Sebut PBB akan Berjalan Rumit

1

HARIANACEH.co.id – Utusan PBB untuk Suriah resmi membuka dialog damai di Jenewa untuk menyelesaikan konflik berkepanjangan di Suriah yang telah menewaskan lebih dari 260 ribu orang.

Berbicara setelah pertemuan di Jenewa, Senin (1/2/2016), Staffan de Mistura mengatakan dialog antara pemerintah Suriah dan grup oposisi “sudah resmi dimulai.”

“Dialog ini akan berjalan rumit dan sulit, tapi warga Suriah berhak melihat sesuatu yang konkret, bukan negosiasi panjang tanpa akhir,” sambung dia, seperti dilansir AFP.

De Mistura mengaku tidak dapat memperkirakan hingga kapan dialog damai putaran pertama ini berlangsung. Namun ia berharap pertemuan akan “menghasilkan sesuatu” pada 11 Februari.

Komite Negosiasi Tinggi (HNC) dari grup oposisi sempat enggan mengikuti dialog damai di Jenewa. Mereka meminta pemerintah Suriah terlebih dahulu mengizinkan adanya penyaluran dana kemanusiaan ke sejumlah kota yang terblokade. HNC juga meminta Rusia menghentikan serangan udara sebelum dialog damai dapat dilangsungkan.

Menyepakati syarat oposisi, pemerintah Suriah berjanji menyalurkan bantuan ke tiga kota yang terblokade, termasuk Madaya.  Di Madaya, puluhan orang tewas akibat kelaparan parah sejak beberapa pekan terakhir.

Juru bicara HNS Salim al-Muslat mengaku optimistis setelah bertemu de Mistura, dan ia berjanji grupnya akan “berjuang dalam proses politik” untuk menyelesaikan konflik di Suriah.

loading...