HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Drone Terbaru dan Dana Anti-ISIS Akan Diumumkan Pentagon

3

HARIANACEH.co.id – Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Ashton Carter akan melakukan pratinjau terhadap anggaran Kemenhan atau Pentagon, termasuk drone versi terbaru dan dana ekstra untuk memerangi kelompok militan Islamic State (ISIS).

“Anggaran dasar Pentagon untuk tahun fiskal 2017 diperkirakan mencapai USD524 miliar, yang ditambah USD59 miliar untuk membiayai operasi militer di Afghanistan dan dalam melawan ISIS,” kata perwakilan Pentagon kepada AFP, Senin (1/2/2016).

Dana militer AS jauh melebihi semua negara di dunia. Saking besarnya, anggaran AS masih jauh lebih tinggi dari gabungan delapan negara dengan militer terbesar.

Dalam pidato di Washington, Carter akan menyoroti adanya serangkaian “ancaman lingkungan,” termasuk dari Rusia sejak menganeksasi Krimea dari Ukraina pada 2014. Carter akan mengumumkan peningkatan dukungan terhadap European Reassurance Initiative untuk melawan ancaman Rusia. Dana juga akan dialirkan Carter untuk membiayai operasi militer AS di beberapa negara Eropa seperti Estonia dan Rumania.

Untuk urusan teknologi, Carter akan memamerkan teknologi drone mini yang sempat dirahasiakan dari publik. Drone berukuran kecil ini nantinya dapat terbang bersamaan seperti rombongan.

Sementara dana ekstra untuk melawan ISIS diperkirakan mencapai USD7 miliar. Jumlah ini meningkat 35 persen dari tahun lalu. Penambahan merefleksikan semakin luasnya area pertempuran melawan ISIS, yang tidak hanya di Irak dan Suriah, tapi perlahan merembet ke Libya.

Masih untuk perlengkapan perang, anggaran fiskal Pentagon juga akan dialokasikan untuk pesawat tipe A-10. Pesawat ini, yang dikembangkan di era 70-an, telah dipensiunkan, tapi dinilai berguna dalam perang melawan ISIS.

Pengumuman anggaran Pentagon akan dilakukan Carter pada Selasa. Sementara detail total anggarannya akan dirilis ke publik pekan depan.

loading...