HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Inilah Detik-detik di Tubuh Mirna Racun Sianida Bekerja

7

HARIANACEH.co.id – Wayan Mirna Salihin dinyatakan tewas lantaran meminum kopi bersianida. Simpulan itu didapat dari hasil penelitian Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Polri.

Simpulan itu menyebutkan, senyawa kimia itu masuk dari es kopi Vietnam. Kopi dipesankan Jessica Kumala Wongso, rekan ngopi Mirna yang sudah berstatus sebagai tersangka.

Lantas bagaimana sianida bekerja saat masuk ke dalam tubuh? Kepala Bidang Kedokteran dan Kesehatan Polda Metro Jaya Kombes Musyafak menerangkan, zat sianida yang masuk ke tubuh akan menjalar dalam waktu cepat. Kurang dari 10 menit, seseorang yang meminum sianida akan semaput dan langsung tewas.

“15 detik masuk langsung ke dalam sel tubuh,” kata Musyafak di Mapolda Metro Jaya, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Selasa, (2/2/2016).

Tiga menit setelah racun menjalar, sistem pernapasan akan terganggu. Peminum sianida akan bernapas cepat dan dangkal. Penyumbatan pada sistem penapasan ini membikin tubuh butuh lebih banyak oksigen.

Efek sianida menjadi lebih kuat sekitar delapan hingga 10 menit setelah masuk ke tubuh. Setelah sistem pernapasan terganggu, kesadaran Mirna pun hilang.

Di fase itulah, kata Musyafak, sianida memblokir oksigen di dalam sel-sel tubuh. Kebutuhan oksigen yang semakin banyak kemudian membikin aktivitas otot jantung mengalami gangguan atau kardiomiopati.

Meski begitu, Musyafak enggan menjelaskan apakah kondisi tersebut yang terjadi pada Mirna setelah minum kopi bersianida. Menurut Musyafak, proses kematian Mirna akan dijelaskan penyidik.

“Tim penyidik yang akan menjelaskan,” jelas Musyafak.

loading...