HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Jadi Capres Partai Demokrat Terbuka Lebar Bagi Hillary

3

HARIANACEH.co.id – Hillary Clinton memimpin sementara dalam kaukus Iowa, Amerika Serikat (AS). Dalam poling awal, Clinton memimpin dari kandidat Partai Demokrat lainnya, Bernie Sanders.

Indikator awal dari poling adalah indikator yang bagus mengenai hasil akhir Kaukus. Namun ini bukanlah hasil akhir.

“Kaum perempuan, kalangan moderat, pendukung utama Partai Demokrat dan pendukung kebijakan Presiden Barack Obama mendorong suara besar bagi mantan Menlu AS itu di kaukus Iowa. Namun Clinton jauh lebih dikenal bagi pemilih awal dan tampahknya pemilih ini jumlahnya lebih banyak,” sebut ABC Radio, Selasa (2/2/2016).

Sementara Sanders melakukan perlawanan dengan pendukung yang lebih liberal, independen dan lebih muda. Sebagian besar dari pendukungnya juga merupakan yang pertama kali ikut pemilu.

Ada antrean panjang dari kelompok liberal di lokasi pemilihan kaukus. Antrean itu tampak sejak pukul 8.00 malam, di mana diikuti oleh mereka yang sudah pantas untuk memilih.

Sebelumnya dalam poling akhir yang dikeluarkan menjelang kaukus, Clinton dan Sanders saling berkait ketat. Berdasarkan poling yang dikeluarkan oleh The Des Moines Register-Bloomberg News, Clinton memimpin 45 persen dibandingkan Sanders yang mendapatkan 42 persen.

Namun yang perhatian adalah, Sanders berhasil mendekati raihan dukungan Clinton. Setelah di Iowa, keduanya akan bersaing di New Hampshire.

Wilayah New Hampshire dianggap kuat untuk Sanders. Dalam poling CNN-WMUR, Sanders memimpin dukungan 57 persen, sementara Clinton hanya 34 persen.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time